Pada Orang Sehat, Urine pun Masih Bisa Menyimpan Bakteri

Posting Komentar

Sumber : http://health.detik.com/
Terapi dengan meminum urine dianggap aman untuk dilakukan karena praktisinya percaya bahwa produk limbah tubuh tersebut steril. Tapi nyatanya studi justru menemukan bahwa ada komunitas bakteri dalam urine meski memang jumlahnya sedikit.



Pandangan bahwa urine steril kemungkinan berawal karena tes yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi infeksi kemih tak bisa menemukan kehadiran bakteri pada urine orang-orang sehat. Hal ini terjadi karena standar tes diset tinggi untuk melihat adanya infeksi.

Ketika peneliti dari Loyola University melakukan tes urine yang lebih sensitif, terlihat bukti bahwa ada bakteri-bakteri kecil dalam urine. Kehadirannya normal sama seperti di dalam perut terdapat bakteri baik dan bakteri jahat yang menjaga keseimbangan pencernaan.

Diakui oleh peneliti bahwa bakteri tersebut memang sulit untuk dilihat dengan cara biasa. "Urine memiliki bakteri di dalamnya tetapi sulit untuk dideteksi kecuali jika Anda terkena infeksi dan memiliki gejala infeksi," kata urolog dr Rahul Rindani dari South Coast Urology seperti dikutip dari ABC Australia, Rabu (5/10/2016).

Menurut dr Rahul tidak ada manfaat nyata yang bisa diberikan dari minum urine. Dahulu kala memang orang-orang terbiasa minum urine tapi karena perkembangan ilmu maka kita harusnya sudah mengerti dan tak perlu melakukannya lagi.

Baca juga : 4 Hal yang Membahayakan Organ Kewanitaan

Pada zaman Romawi misalnya urine diminum untuk mendeteksi diabetes karena bisa terasa manis. "Kita tak perlu melakukannya lagi, tapi jaman dulu minum urine memang jadi standar. Nephrologists akan merasakan urin karena begitulah cara diabetes diidentifikasi," kata Tim Spicer dari Southwest Sydney Local Health District.

Sumber :
Detik Health. 2016. Pada Orang Sehat, Urine pun Masih Bisa Menyimpan Bakteri . Diakses tanggal 6 Oktober 2016. Link ; http://health.detik.com/read/2016/10/05/172941/3314180/763/pada-orang-sehat-urine-pun-masih-bisa-menyimpan-bakteri

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar