5 Makanan Kaya Probiotik Selain Yogurt

Posting Komentar

Miso. (Sumber : http://rona.metrotvnews.com / Quickanddirtytips)

Mengonsumsi probiotik sangat baik bagi pencernaan Anda. Belakangan, sebuah penelitian baru yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi probiotik secara rutin biasanya memiliki tekanan darah rendah


Probiotik biasanya dikenal sebagai bakteri baik yang mampu menjaga kesehatan pencernaan dan juga sistem kekebalan tubuh.  

Makanan yang biasanya dikenal mengandung probiotik tinggi adalah yogurt. Yogurt berasal dari susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yogurt ini bisa dibuat dari susu apapun termasuk susu kacang kedelai.
Bagi Anda yang tidak suka atau bosan mengonsumsi yogurt, makanan berikut ini merupakan pilihan lain untuk Anda mengonsumsi probiotik.

1. Miso
Miso merupakan sup kedelai yang terkenal dari Jepang. Miso berasal dari kacang kedelai yang difermentasi. Proses ini membuat Miso kaya akan probiotik karena dibuat dengan asam laktat.
Baca juga : Pada Orang Sehat, Urine pun Masih Bisa Menyimpan Bakteri
2. Keju fermentasi
Beberapa keju fermentasi seperti Gouda, cheddar, dan Swiss dibuat dengan bakteri asam laktat. Bakteri inilah yang bisa menciptakan probiotik dalam keju.

3. Sayuran yang difermentasi
Kimchi merupakan sayuran yang difermentasi dengan bakteri asam laktat yang baik bagi tubuh. Sama seperti kimchi, sauerkraut juga bisa menjadi sumber probiotik. Sauerkraut berasal dari irisan kubis yang difermentasi oleh bakteri asam laktat. Sayuran fermentasi ini memiliki daya tahan simpan yang lebih lama dibanding sayuran segar.
Baca juga : Lemak Tubuh Terkait Dengan Bakteri Dalam Tinja
4. Kefir
Jika Anda menyukai yogurt tapi merasa terlalu kental, cobalah kefir. Kefir merupakan minuman yang terbuat dari susu sapi atau kambing dengan proses fermentasi yang berasal dari daerah Kaukasus. Minuman ini menyerupai yogurt tapi lebih cair. Belakangan, kefir dipopulerkan sebagai masker wajah yang baik untuk kulit dan kecantikan.

5. Kombucha
Teh fermentasi ini dikemas dengan bakteri baik yang menguntungkan untuk kesehatan. Kombucha merupakan jamur teh yang berasal dari Asia Timur. Teh ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit dan juga bermanfaat untuk kecantikan.

Sumber : 
Rona MetroTv News. 2016.  5 Makanan Kaya Probiotik Selain Yogurt . Diakses tanggal 8 Oktober 2016. Link ; http://rona.metrotvnews.com/kesehatan/VNx9jYgb-5-makanan-kaya-probiotik-selain-yogurt

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar