Manfaat Cakar Setan bagi Kesehatan

Posting Komentar


Sejumlah tanaman herbal dapat membantu mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya daun cakar setan. Apa saja manfaat daun cakar bagi kesehatan?

Cakar setan adalah tanaman yang memiliki biji berbentuk seperti cakar dan berwarna hitam. Nama cakar setan diambil dari bentuk buahnya yang seperti cakar melengkung dan berwarna hitam saat mengering. Sementara, daun cakar setan terdiri dari helaian daun dan tangkai daun.

Daun Cakar Setan. (Sumber : http://lifestyle.okezone.com)

Selain memiliki bentuk yang unik, tanaman ini mengandung berbagai senyawa seperti, kromium, herpagosiida, kalsium, magnesium, selenium, seng, luteolin. Karenanya, daun cakar setan sering digunakan sebagai painkiller atau obat penghilang rasa sakit.

Selain daun cakar setan, ternyata sejumlah herbal juga dapat berperan sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Berikut selengkapnya yang dilansir dari laman Boldsky:

Daun cakar setan
Daun cakar setan adalah obat herbal alami yang dapat menggantikan painkiller atau obat penghilang rasa sakit. Daun cakar setan akan membantu mengurangi nyeri punggung dan arthritis. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan, mengonsumsi daun cakar setan mirip dampaknya dengan minum obat osteoporosis. Sekira 400 mg dari daun cakar setan adalah dosis yang dianjurkan.

Kulit pohon willow putih
Ekstrak kulit pohon willow putih dianggap sebagai salah satu ramuan terbaik yang dapat menggantikan obat penghilang rasa sakit. Karena, kulit pohon willow putih berisi senyawa yang disebut salisin, mirip dengan kandungan aspirin. Dosis yang dianjurkan 120-240 mg salisin.

Kemenyan dari getah pohon boswellia

Ramuan kemenyan dari getah pohon boswellia ini membantu dalam mengurangi rasa sakit kronis dan ringan. Tanaman ini mengandung asam boswellia yang mengurangi peradangan sebagai penyebab kondisi kronis seperti arthritis. Sekira 750 mg per hari dibagi dalam tiga dosis yang dianjurkan.

Bunga arnica
Arnica adalah obat kuno yang berasal dari bunga arnica kuning. Arnica mengandug senyawa yang disebut sesquiterpene, di mana akan membantu dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya, arnica merupakan salah satu obat penghilang rasa sakit alami untuk mengobati sakit kronis.
  Baca juga :
Kondisi Ini Buat Wanita Lebih Rentan Kena ''Sariawan'' Miss V
Jarang Ganti Celana Dalam Dapat Memicu 6 Masalah Ini!

Sumber : 
OK Zone. 2016. Manfaat Cakar Setan bagi Kesehatan. Diakses 13 Desember 2016. Link ; http://lifestyle.okezone.com/read/2016/12/10/481/1563618/manfaat-cakar-setan-bagi-kesehatan


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar