HUT Pertamina, 1.000 Orang Bersihkan Pantai Balongan

Posting Komentar


Sebanyak 1.000 orang peserta yang terdiri dari pekerja Pertamina, pemda, warga, pelajar, dan relawan mengikuti kegiatan pembersihan di Pantai Mutiara Hijau dan Pantai Lestari Karangsong, Balongan Indramayu. Kegiatan itu merupakan bagian dari peringatan HUT ke-59 PT Pertamina (Persero) yang jatuh pada Sabtu (10/11) dan dilaksanakan serentak di lima lokasi dalam program pemberdayaan dan pembersihan pantai kampung nelayan.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam di Jakarta mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih peduli dengan kelestarian lingkungan pesisir pantai, khususnya dengan menjaga kebersihannya.

Penanaman Pohon di Acara HUT Pertamina ke 59. (Sumber ; http://ekbis.sindonews.com)

"Selain itu, melalui beberapa kegiatan yang dilaksanakan, termasuk di Balongan dapat menjadi bukti komitmen Pertamina meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di sekitar pesisir melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) maupun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan momentum HUT perusahaan," tuturnya, Ahad (11/12).

Menurutnya, sebagai perusahaan yang bergerak di sektor energi dengan sebagian wilayah operasinya bersentuhan dengan pantai, Pertamina merasa ikut bertanggung jawab terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan. "Untuk itu, tidak hanya bersih-bersih pantai tetapi kami juga melakukan beberapa program kegiatan CSR dan PKBL di Balongan," katanya.

Program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di Balongan dilaksanakan dengan beragam aktivitas. Selain pembersihan pantai, sekaligus dilaksanakan peresmian Arboretum Mangrove. Program Arboretum Mangrove dirancang untuk menambah sarana pendidikan bagi masyarakat umum terutama?kalangan akademis dalam melakukan penelitian dan pembelajaran mengenai mangrove. Di Abroretum ini terdapat 23 varietas mangrove dan tanaman vegetasi pantai yang akan terus dikembangkan.

Acara juga dimeriahkan dengan bazar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengan (UMKM) dan sekolah binaan Pertamina, lomba "fun cleanup" seperti melukis dan mewarnai untuk anak-anak, layanan kesehatan, dan pengobatan gratis untuk 500 orang warga dan santunan 59 anak yatim. Selain itu, kegiatan ini diisi dengan pemecahan rekor MURI yaitu meminum sirup mangrove yang diikuti oleh seluruh peserta pembersihan pantai.

Syamsu sangat berharap apa yang dilakukan Pertamina dapat betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tidak hanya hari ini namun juga di masa mendatang. "Apa yang diinisiasi Pertamina dengan menggalang peran aktif masyarakat?hari ini (Sabtu, 10/12) hanya sebuah bentuk upaya menggugah kesadaran warga sekitar pantai untuk lebih peduli akan kesehatan lingkungannya yang sebenarnya memiliki potensi ekonomi yang baik apabila dilestarikan," ucap Syamsu.

Sementara, pembersihan pantai sendiri dipimpin langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar bersama Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam, dan Bupati Indramayu Anna Sophanah.

Balongan adalah salah satu dari lima lokasi pelaksanaan program secara serentak, yaitu Pantai Kampung Bugis Tanjung Uban Kepulauan Riau, Pantai Kampung Atas Air Balikpapan Kalimantan Timur, Pantai Teluk Penyu Cilacap Jawa Tengah, dan Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi Jawa Timur.
Baca juga :
 Masyarakat Indramayu Berkomitmen Memutus Mata Rantai Penularan HIV/AIDS
Masyarakat Lelea Gelar Adat Ngarot, Istri Kapolda Jabar pun Terpukau

Sumber :
Republika. 2016. HUT Pertamina, 1.000 Orang Bersihkan Pantai Balongan. Diakses tanggal 12 Desember 2016. Link ; http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/12/11/oi0kpc396-hut-pertamina-1000-orang-bersihkan-pantai-balongan

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar