Masyarakat Indramayu Berkomitmen Memutus Mata Rantai Penularan HIV/AIDS

Posting Komentar


LSM Perkumpulan Setia Indonesia bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu serta LSM dan Komunitas Peduli AIDS menggelar puncak peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) pada Sabtu, 10 Desember 2016.

Melalui dukungan AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia, kegiatan yang berlangsung di Kecamatan Anjatan, Kab. Indramayu ini menyasar tes HIV pada kelompok ibu hamil, kelompok pemuda, dan pasangan TKW.

Puncak hari AIDS. (Sumber : http://news.fajarnews.com)

Selain itu, tes HIV juga ditujukan pada populasi kunci, yaitu kelompok populasi yang menentukan keberhasilan program pencegahan dan pengobatan HIV/AIDS seperti pekerja seks, atau pembeli seks.

Kelompok ibu hamil menjadi salah satu sasaran tes HIV mengingat penularan HIV tidak lagi hanya terjadi pada kalangan berisiko tinggi saja.

Seperti diketahui temuan kasus HIV/AIDS di kecamatan Anjatan sudah mencapai 209 kasus HIV/AIDS dari tahun 1993 sampai tahun 2016.

Bahkan pada kegiatan tes HIV secara mobile yang dilakukan kader LSM Setia Indonesia dan Puskesmas Anjatan, ditemukan 3 kasus HIV baru pada ibu hamil.

Perkumpulan Setia Indonesia sendiri sejak Juli hingga November 2016 sudah menjangkau 364 ibu hamil dan 417 orang yang tergolong populasi kunci untuk dites HIV.

Pada peringatan HAS 2016 ini ini Perkumpulan Setia Indonesia berkerja sama dengan kader Kecamatan Anjatan mengadakan kegiatan Edutainment yaitu penyuluhan HIV/AIDS dan tes HIV pada sekitar 300 ibu hamil.

Selain itu, peringatan HAS 2016 juga ditandai dengan lahirnya lahirnya Deklarasi Panca Karya HIV/AIDS yang disampaikan Camat Anjatan dan 13 Kuwu di Kecamatan Anjatan.

Ini merupakan bentuk komitmen bersama untuk melakukan sebuah tindakan memutus mata rantai penularan HIV di kecamatan Anjatan.

Selain Camat dan Kuwu, pembacaan deklarasi ini juga dihadiri oleh H. Susanto, Asda II Pemkab Indramayu selaku Ketua Harian KPA Kab. Indramayu dan perwakilan Dinas Kesehatan Kab. Indramayu. 

Sumber :
Fajar News. 2016. Masyarakat Indramayu Berkomitmen Memutus Mata Rantai Penularan HIV/AIDS. Diakses tanggal 11 Desember 2016. Link; http://news.fajarnews.com/read/2016/12/10/13390/masyarakat.indramayu.berkomitmen.memutus.mata.rantai.penularan.hivaids


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar