Saat Sahur, Perbanyak Minum Air Putih, Hindari Makanan Terlalu Manis dan Asin

 
Ilustrasi Menu Sehat Saat Sahur. (Foto : http://www.depkes.go.id)
Imad Analis. Sahur adalah ''modal energi'' kita untuk menjalankan ibadah puasa seharian. Karena itu, mengonsumsi makanan yang tepat akan membuat ibadah puasa tidak terasa berat.



''Saat sahur, disarankan tetap menerapkan porsi piring makanku dengan menu bergizi seimbang, seperti kita makan siang di hari biasanya,'' tutur dr. Eni, saat ditemui usai kegiatan pembukaan Seminar Kesehatan dan Gizi Remaja di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Selasa siang (15/5).

Dikatakan oleh dr. Eni untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis atau asin saat sahur.

''Sebaiknya kurangi makan makanan yang terlalu manis atau asin. Gula dan garam itu sifatnya menarik cairan tubuh, sehingga kita akan lebih sering buang air kecil. Kalau banyak kencing, kita akan cepat haus,'' terangnya.

Rasa haus adalah salah satu mekanisme tubuh yang memberi tanda bahwa cairan tubuh berkurang (kekurangan cairan). Maka dari itu, saat sahur, disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Hal ini penting untuk menjaga kadar air di dalam tubuh agar jangan sampai kekurangan cairan.



''Minum yang banyak, jangan malas takut sering ke kamar mandi. Justru kita sangat disarankan saat sahur itu harus minum yang banyak. Kalau indikator saya, lepas tengah hari saya masih bisa buang air kecil, menandakan kadar air saya masih cukup,'' imbuhnya.

Selain itu, kurangi konsumsi makanan asin saat sahur. Hal ini dikarenakan bahwa makanan yang kadar garamnya tinggi juga akan mempercepat keluarnya cairan tubuh.

''Seperti halnya gula, kandungan garam tinggi juga bisa menarik cairan banyak sekali, sehingga sel-sel kita akan kekurangan cairan karena ditarik oleh garam tadi, lalu berisiko menjadi dehidrasi. Makanya, makan asin bikin kita jadi mudah merasa haus,'' tandasnya.

Untuk itu, memilih menu sahur yang terdiri dari makanan berprotein, karbohidrat kompleks yang tinggi serat, serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar saat sahur akan membantu menjaga stamina tubuh saat menjalankan puasa. (Sumber : Kemenkes)

Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Blog ini bukan penentu diagnosa utama pada penyakit Anda, jika ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan silahkan hubungi dokter Anda

Baca artikel :

Kata kunci : sahur sehat ala rasul, sahur sehat untuk ibu hamil, sahur sehat herbalife, sahur sehat ibu hamil, menu sahur sehat sederhana, menu sahur sehat sebulan, menu sahur sehat bergizi, sajian sahur sehat, menu sahur sehat, resep sahur sehat, menu sahur sehat dan murah, hidangan sahur sehat, menu sahur sehat untuk anak, sahur yg sehat, minuman sahur sehat, menu sahur sehat ala anak kos, menu sahur sehat anak kost, tips sahur sehat biar puasa kuat, sehat sahur puasa di bulan ramadhan, cara sahur sehat, menu sahur sehat dan praktis, sahur sehat untuk diet, resep sahur sehat dan praktis, menu sahur sehat dan mudah, menu sahur sehat dan sederhana, makanan sehat sahur dan berbuka puasa, menu sehat sahur dan berbuka puasa, menu sehat sahur dan berbuka, makanan sehat sahur dan berbuka, menu sahur yang sehat dan bergizi, menu sahur yang sehat dan enak, menu sahur yang sehat dan sederhana, sahur sehat ibu menyusui, menu sahur sehat ibu hamil, menu sahur sehat ibu menyusui, menu sahur sehat untuk ibu menyusui, menu sahur sehat untuk diet, masakan sahur sehat, menu sahur sehat praktis, menu sehat sahur puasa, resep menu sahur sehat sederhana, tips sahur sehat, menu sahur yang sehat untuk diet, resepi sahur yang sehat, resep masakan sahur yang sehat, resep menu sahur yg sehat, sahur yang sehat, menu sahur yang sehat, menu sahur yang sehat dan praktis, menu sahur yg sehat dan praktis, makan sahur yg sehat, menu sahur yang sehat untuk ibu hamil, santapan sahur yang sehat, cara sahur yang sehat, mkn sahur yg sehat, tips sahur yg sehat, resep sahur yang sehat, menu makan sahur yang sehat, menu sahur sehat untuk ibu hamil, menu sehat sederhana untuk sahur


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts