Sebab, Tanda dan Gejala Asam Urat

Ilustrasi. (Foto : https://www.viva.co.id)

Imad Analis. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang muncul akibat adanya zat purin berlebih dalam tubuh. Zat purin ini sebenarnya dapat diolah tubuh menjadi asam urat. Dalam kondisi normal, asam urat yang dihasilkan tersebut akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk urin dan feses. Proses pembuangan ini diatur oleh ginjal, yang berfungsi menjaga kesetabilan kadar asam urat dalam tubuh. 



Namun, apabila kadar asam urat yang dihasilkan berlebihan, maka ginjal akan kewalahan dan tidak sanggup mengaturnya. Akibatnya, kelebihan kristal asam urat tersebut akan menumpuk pada sendi dan jaringan. Inilah sebabnya mengapa persendian kita akan terasa nyeri dan bengkak saat penyakit ini menyerang.

Asam urat ini biasanya diderita pria berusia 40 tahun keatas dan wanita yang sudah monopouse. Sebagian besar penderita asam urat juga memiliki penyakit lain, seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, penyakit ginjal, atau mengalami obesitas (kelebihan berat badan).

Penyebab Timbulnya Asam Urat

Berikut beberapa penyebab munculnya asam urat :
  1. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin. Tubuh manusia sebenarnya sudah menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan sehari - hari. Ini berarti, kebutuhan tubuh akan purin yang berasal dari makanan hanya sekitar 15%. Jika lebih dari 15%, maka tubuh akan kelebihan zat ini.
  2. mengonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat. Sebab, alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urin menjadi berkurang, sehingga asam urat tetap bertahan dalam peredaran darah dan menumpuk di persendian.

Tanda-Tanda dan Gejala Asam Urat

Berikut beberapa tanda dan gejala asam urat :
  1. Sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan, bahkan membengkak dan berwarna kemerahan (meradang).
  2. Biasanya, persendian terasa nyeri saat pagi hari (baru bangun tidur) atau malam hari.
  3. Rasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang.
  4. Yang diserang biasanya sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan, dan siku.
  5. Pada kasus yang parah, persendian terasa sangat sakit saat bergerak, bahkan penderita sampai tidak bisa jalan. Tulang disekitar sendi juga bisa keropos atau mengalami pengapuran tulang. 


Tindakan Yang Harus di Lakukan Pada Pasien Asam Urat

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan saat tanda-tanda atau gejala asam urat muncul :
  1. Lakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3.5-7.0 mg/dL dan pada perempuan 2.5-6.0 mg/dL.
  2. Konsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter Anda secara teratur. 

Jangan biarkan penyakit asam urat ini tanpa pengobatan, sebab ia dapat berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.

Sumber :
Prasetyono, Dwi. (2012). Daftar Tanda Dan Gejala Ragam Penyakit. Hal 18 - 20. FlasBooks : Jogjakarta. 

Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Blog ini bukan penentu diagnosa utama pada penyakit Anda, jika ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan silahkan hubungi dokter Anda

Baca artikel :

Kata kunci :  asam urat normal, asam urat adalah, asam urat obat, asam urat pdf, asam urat bahasa inggris, asam urat gejala, asam urat english, asam urat penyebab, asam urat normal pria, asam urat rendah, asam urat makanan, asam urat normal perempuan, asam urat di kaki, asam urat bahasa inggrisnya, asam urat herbal, asam urat rematik, asam urat adalah pdf, asam urat akut, asam urat wanita, asam urat apa, asam urat alami, asam urat apa obatnya, asam urat alpukat, asam urat allopurinol, asam urat air putih, asam urat apa itu, asam urat ath thibbun nabawi, asam urat apa boleh dipijat, asam urat adalah wikipedia, asam urat atau rematik, asam urat apa boleh minum kopi, asam urat ath thibbun nabawi super, asam urat apakah boleh minum kopi, asam urat apa boleh makan durian, asam urat akut sirna dengan pepaya, asam urat boleh dipijat, asam urat boleh minum kopi, asam urat bengkak, asam urat boleh makan telur, asam urat bahasa medis, asam urat batas, asam urat buah pantangan, asam urat boleh makan pete, asam urat batu ginjal, asam urat bayam, asam urat bawang putih, asam urat berobat ke dokter apa, asam urat bekam, asam urat bahaya.




Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts