Penyebab dan Pengobatan Hepatitis C

 
Hepatitis C infection. (Foto : https://www.hepatitisc.uw.edu)
Imad Analis. Infeksi penyakit hati salahsatunya adalah disebabkan oleh virus hepatitis C. Di Amerikat serikat ada sekitar 3,9 juta orang diduga terjangkit virus Hepatitis C tersebut. Hal itu menyebabkan berbagai gejala, jadi mereka kebanyakan tidak menyadari hal tersebut

Ada banyak bentuk virus hepatitis C. Yang paling umum di Ameriksa Serikat adalah tipe 1. Tidak ada yang lebih serius daripada yang lain, tetapi mereka merespons dengan memberikan perlakuan berbeda.



Apa Gejala Hepatitis C?

Banyak orang dengan hepatitis C tidak memiliki gejala. Berikut ini adalah tanda - tanda gejala hepatitis C, yaitu :
  • Jaundice (kondisi yang menyebabkan mata dan kulit kuning, serta urin gelap)
  • Sakit perut
  • Kehilangan selera makan
  • Mual
  • Kelelahan

Bagaimana Pengobatan Hepatitis C?

Pengobatan pada infeksi hepatitis C telah banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Agustus 2017, FDA menyetujui pil kombinasi harian glecaprevir dan pibrentasvir yang disebut Mavyret. Obat ini menawarkan siklus pengobatan yang lebih pendek 8 minggu untuk pasien dewasa dengan semua jenis HCV yang tidak memiliki sirosis dan yang belum pernah diobati sebelumnya. Lama perawatan lebih lama bagi mereka yang berada di tahap penyakit yang berbeda. Dosis yang ditentukan untuk obat ini adalah 3 tablet setiap hari. 

Beberapa obat lain tersedia yang juga diambil sebagai obat sekali sehari. Kombinasi pil elbasvir dan grazoprevir sekali sehari yang disebut Zepatier telah terbukti memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit di sebanyak 97% dari mereka yang diobati. Ini mengikuti keberhasilan pengobatan sekali sehari lain yang disebut Harvoni yang menyembuhkan penyakit pada kebanyakan orang dalam 8-12 minggu. Harvoni menggabungkan dua obat: sofosbuvir dan ledipasvir. Dalam uji klinis, efek samping yang paling umum pada kedua obat adalah kelelahan dan sakit kepala.

Vosevi adalah kombinasi sofosbuvir, velpatasvir dan voxilaprevir yang telah disetujui untuk mengobati orang dewasa dengan HCV kronis, baik tanpa sirosis atau dengan sirosis kompensasi yang telah memiliki perawatan tertentu.

Obat lain termasuk daclastasvir (Daklinza), ombitasvir-paritaprevir-dasabuvir-ritonavir (Viekira Pak), ombitasvir-paritaprevir-ritonavir (Technivie), dan sofosbuvir-velpatasvir (Epclusa).


Sebaliknya, dokter Anda dapat merekomendasikan kombinasi simeprevir (Olysio) atau sofosbuvir (Sovaldi) dengan peginterferon, yang Anda ambil dengan suntikan, dan ribavirin, yang datang sebagai cairan, tablet, atau kapsul.

Interferon dan ribavirin digunakan sebagai pengobatan utama untuk hepatitis C. Mereka dapat memiliki efek samping seperti kelelahan, gejala seperti flu, anemia, ruam kulit, kecemasan ringan, depresi, mual, dan diare. 
Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Blog ini bukan penentu diagnosa utama pada penyakit Anda, jika ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan silahkan hubungi dokter Anda.

Sumber :
  • Web MD. (2018) What Is Hepatitis C?. (Tersedia ; https://www.webmd.com/hepatitis/digestive-diseases-hepatitis-c#2). (30 Maret 2018)


Baca juga :
Artikel dengan kata kunci yang sama ; hepatitis c genotype 1b, hep c causes and treatment, hepatitis c virus antibody, genotype 1 hepatitis c, hepatitis b virus test, hepatitis c therapy, hepatitis c research, hepatitis c genotype, i have hep c, hepatitis e treatment, hep c viral load, hep c antibody, hepatitis c drugs, where is hepatitis c found, chronic hepatitis c infection, is hepatitis c curable disease, acute hepatitis c treatment, hepatitis c genotype 1a, hepatitis e vaccine, hepatitis c clinical trials, hepatitis c overview, hepatitis c antibody, hepatitis c positive, hep c infection, what can hepatitis c cause, hepatitis 4th stage, hepatitis c viral load, can chronic hep c be cured, hepatitis c labs, hepatitis titer, hepatitis c foundation, hepatitis c news, hepatitis blood test, hep a b c, living with hepatitis, hc virus, hep c disease, hepatitis is an inflammation of the, hepatitis meaning in tamil, chronic hepatitis b treatment, etiology of hepatitis c, can hepatitis c be treated, hepatitis c liver transplant, hepatitis c disease, hep c causes and symptoms, i have hepatitis c, hepatitis c info, hcv treatment, hepatitis c symptoms and causes, what exactly is hepatitis c, hepatitis c 1a, hepatitis vaccine cost, hepatitis c carrier, hep b titer, hepatitis c infection, chronic hep c, hepatitis c and treatment, lab test for hepatitis, hepatitis c blood test, history of hepatitis c, hepatitis c forum, hepatitis c hiv, acute hepatitis c, hepatitis c statistics, hepatitis can be caused by contact with, hepatitis tattoo, hepatitis c cure, hcv, hepatitis b titer, can hepatitis c be cured, can you get vaccinated for hepatitis c, is hepatitis c symptoms, types of hepatitis c, chronic hepatitis c, what is hepatitis c virus, hepatitis c genotype 2, hepatitis c virus, hepatitis c support group, hepatitis b blood test, hepatitis c in children, hepatitis c what causes it, hepatitis description



Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts