Gejala Hepatitis A

Gejala - gejala Hepatitis A. (Foto : https://familinia.com)

Imad Analis. Hepatitis A adalah suatu penyakit akut yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang disebarkan oleh kotoran/tinja penderita; biasanya melalui makanan (fecal - oral). Beberapa kasus hanya memberikan sedikit atau tanpa gejala terutama bagi mereka yang masih berusia muda. Waktu antara dan gejala, yaitu antara 2-6 minggu. Biasanya memiliki gejala dalam 8 minggu dan meliputi: mual (nausea), muntah-muntah, mencret, kulit kuning (terutama bagian yang putih pada mata), demam, dan nyeri abdomen. Sekitar 10–15% penderita hepatitis A akan mengalami kekambuhan kembali dalam 6 bulan setelah infeksi pertama. Penyakit hepatitis A tingkat kefatalan jarang terjadi, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia lansia.



Biasanya penyakit hepatitis A akan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh kotoran orang yang terinfeksi hepatitis A. Jenis kerang (Shellfish) yang tidak dimasak dengan matang, biasanya menjadi salah satu sumber infeksi penyakit ini. Dapat juga menyebar melalui kontak erat dengan penderita. Setelah terkena hepatitis A satu kali, maka orang tersebut akan kebal seumur hidupnya terhadap penyakit ini. Untuk mendiagnosa Hepatitis A dapat dilakukan  tes darah, karena gejalanya seringkali sama dengan penyakit lainnya.

Gejala Akibat Infeksi Hepatitis A

Gejala awal dari infeksi hepatitis A dapat tersaru dengan influenza, bahkan beberapa penderita, terutama anak-anak, tidak menunjukkan gejala sama sekali. Masa inkubasi, sampai pertama kali gejala muncul, setelah terjadi infeksi, biasanya 2-6 minggu. 90% anak-anak yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala. Rata-rata masa inkubai adalah 28 hari.

Gejala infeksi hepatitis A berhubungan langsung dengan usia, 80% dewasa memiliki gejala sehubungan dengan virus hepatitis akut dan mayoritas anak-anak tidak menunjukkan gejala atau infeksi yang tak terdeteksi.

Gejala biasanya berakhir kurang dari 2 bulan, meskipun pada sebagian penderita dapat sakit hingga 6 bulan lamanya.

Tanda dan gejala Hepatitis A yaitu:
  • Kelelahan
  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice), karena meningkatnya kadar bilirubin
  • Urin berwarna gelap seperti teh
  • Mencret
  • Kotoran BAB yang berwarna terang atau mirip tanah liat


Hepatitis A dapat dibagi menjadi 3 stadium:
  • Pendahuluan (prodromal) dengan gejala letih, lesu, demam, kehilangan selera makan dan mual;
  • Stadium dengan gejala kuning (stadium ikterik); dan
  • Stadium kesembuhan (konvalesensi). Gejala kuning tidak selalu ditemukan. Untuk memastikan diagnosis dilakukan pemeriksaan enzim hati, SGPT, SGOT. Karena pada hepatitis A juga bisa terjadi radang saluran empedu, maka pemeriksaan gama-GT dan alkali fosfatase dapat dilakukan di samping kadar bilirubin.
Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini hanya blog berbagi seputar dunia kesehatan dan bukan menjadi rujukkan.
  Sumber :
Wikipedia. (2018). Hepatitis A. [online]. Link tersedia ; https://id.wikipedia.org/wiki/Hepatitis_A. (30 Maret 2018)
Baca juga :


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts