Musim Hujan, Waspadalah Terhadap Virus dan Jamur yang Bisa Menyebabkan Alergi Kulit

 
Ilustrasi. (Sumber : https://wtop.com/)
ImadAnalis. Musim hujan sudah datang, ini artinya harus bersiap juga dengan segala kemungkinan musibah. Bukan hanya musibah banjir, namun juga soal kesehatan alias datangnya ragam penyakit.

Saat musim hujan, bukan hanya perkara masuk angin, batuk, meriang, ataupun pilek. Orang awam pada biasanya, juga cemas dengan datangnya alergi kulit. Namun sebenarnya, benarkan alergi kulit rentan menyerang saat musim hujan seperti sekarang? Menjawab hal ini, maka Okezone pun bertanya pada dr.Kartika Mayasari dari Klik Dokter, PT Medika Komunika Teknologi.

“Musim hujan kalau soal alergi kulit sih, lebih jarang terjadi ya. Ketimbang alergi kulit, musim hujan itu lebih rentan dengan penyakit yang disebabkan virus. Kenapa? Karena musim penghujan gini, otomatis angin akan lebih banyak dibandingkan musim kemarau. Nah jadilah virus akan lebih cepat tersebar dari satu orang ke orang lainnya,” ungkap dr.Kartika kala ditemui Okezone di Jakarta belum lama ini.

dr.Kartika menambahkan, penyakit kulit seperti urtikaria biasanya dianggap sebagai alergi yang suka datang di musim hujan. Namun, pada dasarnya penyebab penyakit urtikaria sendiri bukan mutlak karena musim hujan semata.

“Selama ini orang taunya kayak penyakit urtikaria itu alergi kulit saat musim hujan, padahal penyakit ini juga bisa datang karena dermatitis. Enggak hanya karena musim hujan, bisa juga penyebabnya karena cuaca dingin, contohnya udara dingin dari AC,” tambahnya.

Untuk pengobatan urtikaria ini sendiri, disebutkan dr. Kartika untuk langkah pertama adalah yang pasti menghindari terkena kontak cuaca atau udara dingin terlebih dahulu. Baru kemudian, diberikan obat anti-alergi.

“Pertama jelas hindari cuaca dingin, baru setelahnya dikasih ada obat anti-alergi, dan antihistamine. Tapi tetap ya, ini tidak boleh didapatkan tanpa memakai resep dokter. Jadi ya memang tetap harus periksa ke dokter,” tutupnya.  (OKeZone).


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts