Keyboard Mengandung 20.000 Bakteri Lebih Banyak dari Toilet

Posting Komentar

Keyboard. (Sumber : http://www.netralnews.com)

Toilet, mainan hewan peliharaan dan uang, semua dianggap sarat akan bakteri dan kotor. Tetapi kita sering lupa bagaimana lingkungan kerja sehari-hari kita dapat menjadi bakteri yang  berpotensi jahat.



Penelitian terbaru mengungkapkan ketakutan terburuk masyarakat, untuk lebih mempersiapkan sabun anti bakteri dan tisu basah. Para ahli mengakui, papan ketik komputer (keyboard) ternyata menjadi "pelabuhan" 20.000 kali bakteri lebih banyak daripada toilet.

Sementara mouse 45.000 kali lebih terkontaminasi dibandingkan pegangan flush pada closet. Sebuah penelitian juga mengungkapkan, lencana kartu tanda pengenal saat kerja yang digunakan untuk akses keluar masuk kantor mengandung paling banyak bakteri.
Baca juga : Rutin Bersihkan Helm Agar Cegah Bakteri Hinggap di Kepala
Kunci sederhana gadged ditemukan memiliki 243 kali lebih banyak bakteri daripada mainan hewan peliharaan. Para peneliti dari CBT Nuggets, yakni sebuah situs pelatihan Ilmu Teknologi (IT) yang berbasis di Oregon menyatakan, penting diuji kegiatan bekerja sehari-hari untuk menentukan seberapa banyak bakteri yang mereka bawa.

Mereka meneliti lima keyboard, trackpad, mouse, lencana elektronik dan ponsel untuk menentukan rata-rata pembentuk unit koloni  per inci persegi. Lencana elektronik terdapat 4.620.000 bakteri per inci persegi, sedangkan trackpad baru rata-rata memiliki 810 bakteri.
Baca juga : Cara Merawat Vagina Saat Menstruasi
Mereka menemukan beberapa jenis bakteri telah menginvasi kerja dan persona kehidupan kita, termasuk bakteri bacili, gram-positif cocci, batang gram positif dan batang gram negatif. Dua bakteri diantaranya menjadi bakteri yang menyakitkan, bakteri bacili sebagai kasus yang umum, menyebabkan kasus keracunan makanan dan gram positif cocci dapat menyebabkan infeksi Streptoccal (bakteri penyebab berbagai infeksi).

Sementara batang gram-negatif dapat menjadi resisten terhadap antibiotik, tetapi rekan positif tidak dianggap berbahaya bagi manusia. Gram positif cocci bertanggung jawab atas 42 persen bakteri yang ditemukan pada lima item. Bacili mengandung sekitar seperempat bakteri dan batang gram negatif bertanggung jawab untuk 21,5 persen bakteri.
Baca juga : Waduh, Ini Risiko jika Handuk Jarang Dicuci
Mereka juga menemukan bahwa trackpad adalah pilihan yang lebih baik bagi siapa pun yang khawatir dengan infeksi potensial. Dimana hanya ditemukan dua jenis bakteri yang berlabuh yakni  67 persen dari batang gram positif dan 33 persen dari kokus gram positif. Sementara alternatif  lain pada mouse yang berisi, semua tempat dari berbagai jenis bakteri.

Sumber :
Netral News. 2016. Keyboard Mengandung 20.000 Bakteri Lebih Banyak dari Toilet. Diakses tanggal 16 Oktober 2016. Link : http://www.netralnews.com/news/nasional/read/30160/keyboard.mengandung.20000.bakteri.lebih.banyak.dari.toilet

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar