Pemkab Cirebon Lirik Indramayu dan Majalengka untuk Pengganti TPA Ciledug

 
TPA Ciledug Kabupaten Cirebon. (Foto : http://www.pikiran-rakyat.com)
Imad Analis. Pemerintah Kabupaten Cirebon terpaksa melirik wilayah tetangganya, Kabupaten Indramayu dan Majalengka untuk mencari tempat pembuangan akhir sampah (TPA)  pengganti TPA Ciledug yang bakal ditutup akhir Mei 2018 mendatang.

Pasalnya sampai saat ini, sejumlah alternatif lokasi yang hendak dijadikan TPA selalu mendapat penolakan warga. Termasuk upaya mengaktifkan lagi TPA Gunungsantri juga ditolak warga. Penolakan terakhir dilancarkan warga Palimanan Barat Kecamatan Gempol.



Saat ini, Pemerintah Kabupaten Cirebon akan berupaya melobi Pemerintah Kabupaten Indramayu dan Majalengka untuk membuang sampah secara sementara, setelah TPA Ciledug ditutup pada akhir Mei mendatang.

Menurut Plt Bupati Cirebon Selly Andriany Gantina, sebelum Pemkab Cirebon benar-benar mendapatkan TPA pengganti, pihaknya akan melobi Pemkab Indramayu dan Majalengka untuk bisa membuang sampah ke daerah itu.

“Saat ini saya sedang memikirkan cara bagaimana membuang sampah setelah TPA Ciledug ditutup, salah satu alternatifnya adalah membuang ke Indramayu atau Majalengka. Kami akan membuka komunikasi dengan pemerintah daerahnya,” kata Selly  Kamis 10 Mei 2018.

Menurut Selly, dengan meminta bantuan Pemkab Indramayu atau Majalengka, Pemkab Cirebon tentu bakal memberikan typing fee atau retribusi. “Tentu ada retribusi, ini masalah teknis yang akan dibicarakan. Pemkab Cirebon sudah melakukan persiapan ke arah sana,” katanya.

Diakui Selly, penutupan TPA Ciledug memang harga mati. Selly bahkan sudah menyaksikan sendiri bagaimana kondisi TPA Ciledug.

Kabupaten Cirebon Darurat sampah


Menurutnya,  kondisi TPA yang terletak di pinggir jalan raya penghubung dengan Provinsi Jawa Tengah ini memang sudah tidak mungkin dilanjutkan. TPA dengan luas sekitar 11 hektar tersebut ada di sempadan Sungai Cisanggarung.

“Sangat tidak memungkinkan untuk jadi TPA, kita harus secepatnya mencari alternatif lain, TPA Ciledug sudah betul-betul over load karena sebagian besar sampah sudah masuk bantaran sungai,” ujar Selly .

Akibat kapasitas yang overload, Selly  menuturkan, sepanjang perjalanan menuju ke TPA Ciledug yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, banyak TPS liar di sepanjang jalan.



Dikatakan Selly, pihaknya saat ini sudah menandatangani pernyataan darurat sampah. Pernyataan darurat sampah langsung dikirimkan ke pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bantuan bisa cepat datang.

Sementara itu, kekhawatiran bakal tetap dipakainya TPA Ciledug membuat aktivis lingkungan membuat dan menyebarkan petisi penutupan TPA Ciledug sekaligus penyelamatan Sungai Cisanggarung.

Menurut aktivis lingkungan Deddy Madjmoe, kekhawatiran pemanfaatan TPA Ciledug diperpanjang tentu ada, karena sampai saat ini, Pemkab Cirebon belum juga menemukan lahan pengganti TPA.

“Penutupan yang disepakati Pemkab Cirebon akhir Mei mendatang harga mati, karena sebenarnya itu juga sudah sangat terlambat,” kata Deddy yang juga ketua komunitas pecinta alam Perkumpulan Pecinta Kelestarian Alam Grage (Petakala Grage) yang berbasis di Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon.

Menurut Deddy, tuntutan penutupan TPA Ciledug sebenarnya dilakukan sudah sejak lama. Selain mencemari lingkungan karena tidak ada pengelolaan dan pengolahan sampah sama sekali, lokasinya yang berada di bantaran sungai, juga sangat mencemari sungai.

“Dampak lingkungannya sangat luar biasa. Bukan hanya dari polusi bau dan lalat, yang juga membahayakan kesehatan, tetapi juga membahayakan tanah dan air serta sungai, termasuk menyebabkan banjir akibat sampah yang masuk ke sungai, “ kata Deddy.

Menurut Deddy, petisi yang sudah beredar, sudah ditandatangani puluhan ribu warga, bukan hanya warga Ciledug, tetapi warga lain yang juga peduli lingkungan. (Sumber : Pikiran Rakyat)

Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Blog ini bukan penentu diagnosa utama pada penyakit Anda, jika ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan silahkan hubungi dokter Anda


Baca juga :


Kata kunci : kabupaten cirebon dalam angka, kabupaten cirebon dalam angka 2017, kabupaten cirebon dalam angka 2016 pdf, kabupaten cirebon dalam angka 2017 pdf, kabupaten cirebon tempo dulu, kabupaten cirebon dalam angka 2011, kabupaten cirebon dalam angka 2007, kabupaten cirebon dalam angka 2014, kabupaten cirebon wikipedia, kabupaten cirebon dalam angka tahun 2013, kabupaten cirebon timur, kabupaten cirebon timur diminta dibentuk, kabupaten cirebon jawa barat, kabupaten cirebon dalam angka 2013, kabupaten cirebon dalam angka 2014 pdf, kabupaten cirebon dalam angka 2012, kabupaten cirebon barat, kabupaten cirebon.go.id, kabupaten cirebon radar online, kabupaten cirebon terkorup, kabupaten cirebon adalah, kab cirebon ada berapa kecamatan, kabupaten cirebon dalam angka 2015, kab cirebon dalam angka, apbd kabupaten cirebon, apbd kabupaten cirebon 2015, lambang kabupaten cirebon dan artinya, apbd kabupaten cirebon 2016, atisisbada kabupaten cirebon, add kabupaten cirebon, kabupaten cirebon bps, kabupaten cirebon banjir, kabupaten cirebon berapa kecamatan, bawasda kabupaten cirebon, bkd kabupaten cirebon, blhd kabupaten cirebon, bps kabupaten cirebon 2014, kabupaten cirebon ada berapa kecamatan, bappeda kabupaten cirebon, bos kabupaten cirebon,


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts