Magnet Digunakan untuk Ayak Bakteri dari Darah

Posting Komentar


Magnet tak hanya bisa menarik benda-benda bermaterial metal, ternyata juga memiliki kemampuan lebih. Magnet bisa memisahkan bakteri dari darah pasiennya.

Dalam upaya penelitian bersama antara Harvard University, kelompok riset Empa, dan Adolphe Merkle Institute tampaknya telah ditemukan keuntungan lain dari magnet. Para ilmuwan telah menemukan cara untuk memisahkan bakteri dari darah pasien.

Macam - macam bakteri. (Sumber : http://www.onhealth.com)

Mengingat bakteri tidak dibuat dari logam, sehingga dokter perlu melapisi antibodi dengan partikel besi. Dengan begitu, antibodi mengikat bakteri dan magnet hanya bisa menyedot keluar.

Kendati demikian, tampaknya ada masalah dengan motede ini karena hanya baik digunakan jika antibodi memperlakukan satu masalah tertentu sebab mereka sengaja dibangun. Artinya, jika Anda memiliki beberapa spesies bakteri yang menginfeksi Anda, maka Anda memerlukan beberapa putaran pengobatan untuk membersihkannya.

Untuk saat ini, pemisahan bakteri dari darah pasien belum disetujui untuk manusia, tetapi hal ini disebut menjanjikan. Demikian sebagaimana dilaporkan Ubergizmo, Jumat (8/12/2016). 
Baca juga :
Masyarakat Indramayu Berkomitmen Memutus Mata Rantai Penularan HIV/AIDS 

Sumber :
Koran Kaltim. 2016. Magnet Digunakan untuk Ayak Bakteri dari Darah. Diakses tanggal 11 Desember 2016. Link ; https://www.korankaltim.com/magnet-digunakan-ayak-bakteri-darah/


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar