Jalan Terjal Persatuan Ummat Islam Indonesia

Posting Komentar


Susah payah negeri ini Kita merdekakan, dengan takbir dan gelora atas asma Allah yang Kami tanam dalam jiwa. Mengoyak keadilan ketika itu. Tidak ada yang bisa membendung semangat bela Islam Kami.

Mungkin begitu kira - kira para ulama dulu yang sampai mempertaruhkan nyawanya untuk memerdekakan negeri ini. Kita berhak mewarisi semangat jihad dijalan Allah untuk mempertahankan negeri ini. 
Mengaji. (Sumber : http://www.muslimfamilia.com)
Islam di Indonesia masuk dengan cara berdagang, dari mulai Aceh, Jawa, Kalimantan, Sulawesi. Namun pergolakan para raja yang di tunggangi oleh perusahaan dagang Belanda membuat wilayah - wilayah Kerajaan Islam itu, terjatuh satupersatu.

Politik pemecah belah dilakukan untuk melemahkan pengaruh Islam, selain itu mereka melarang para kiyai untuk menafsirkan isi al Qur'an dalam mengajarkan Islam. Sudah Kita lihat bahwa apa yang dilakukan Belanda dan Agama yang mereka bawa adalah menghancurkan Islam.

Kekuasaan Islam yang berdasarkan atas maunya sang penguasa adalah simbol bahwa dalam beberapa generasi Kita sudah dilemahkan oleh pengaruh Belanda. Namun, banyak juga pejuang - pejuang Islam yang memahami dan memaknai Islam itu sendiri.

Kebangkitan Islam di Indonesia dengan menggemakan Nasionalisme tumbuh ketika banyaknya generasi muda Islam Indonesia belajar ke negeri Eropa. Pergerakan yang sistematis dan terkoordinir membuat posisi Gerakan Islam Indonesia terus menguat. 

Upaya - upaya pelemahan Gerakkan inipun terus dihadang oleh sang penguasa kala itu. Mereka beranggapan tokoh - tokoh muda yang belajar ke Eropa akan mudah untuk mengabdikan diri mereka kepada Belanda. Justru, dari merekalah Indonesia bisa merdeka.

Selain pergerakan Nasionalis dari luar negeri, gerakkan Islam di Indonesiapun menguat, dengan adanya Sarikat Islam banyak tokoh Islam menjadi pendidik dan pejuang militer ketika mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kini, suatu kondisi dimana Indonesia sudah merdeka. Namun, keadilan bagi kaum muslim sedang di uji. Inilah Indonesia. Ketika Kami menuntut untuk mempertanyakan dimana keadilan. Jalan berliku terus dilalui.

Ummat Islam dengan berbagai cara keluar dari cekalan yang dilakukan pemerintah, seperti Pelarangan, Pemblokiran, dsb. Justru dengan begitu ummat Islam akan terus bersatu, dan akan semakin banyak generasi muda Indonsia untuk kembali mengkaji Ilmu Allah.
Baca juga : 
Gerakkan Shalat Shubuh | Tanda Kebangkitan Islam
Aksi Bela Islam | Kebangkitan Islam


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar