Benarkah Ganja Bisa Menjadi Obat bagi Penderita Depresi?

Posting Komentar



Ilustrasi Daun Ganja. (Sumber ; http://lifestyle.okezone.com)
MUNGKIN ini berita yang mengejutkan. Sebuah studi baru mengungkapkan, ganja bisa membantu untuk mengobati pecandu alkohol, orang yang kecanduan obat-obat terlarang, penderita gangguan depresi, gangguan stres pasca trauma, dan kegelisahan.

Peneliti utama Zach Walsh, profesor asosiasi dari Okanagan University of British Columbia di Kanada, mengatakan penelitian ini menggunakan ganja sebagai obat untuk mengurangi penggunaan zat yang berbahaya, seperti obat nyeri opiat.

Temuan ini didasarkan oleh tinjauan sistematis mengenai penggunaan ganja dalam bidang medis dan review penggunaan ganja non-medis.
Baca juga :
Penggunaan Obat Hormon untuk Atasi Jerawat Bisa Picu Kanker Payudara?
BPOM: Obat Tradisional Ilegal Didominasi Viagra
Ilmuwan di Australia Hampir Rampungkan Vaksin HIV
Studi ini telah dipublikasikan Clinical Psychology Review. Namun, dalam studi ini pemakaian ganja tidak dianjurkan bagi penderita bipolar dan psikosis.

Walsh menambahkan, penting untuk mengidentifikasi kinerja ganja sebagai alternatif penyembuhan kesehatan mental dan bergerak keluar mengenai stigma buruk ganja. Namun, sampai saat ini belum ada informasi yang betul-betul menjelaskan bahwa ganja bisa digunakan sebagai obat.

"Tidak banyak panduan yang jelas, bagaimana seorang profesional kesehatan menggunakan ganja untuk keperluan medis menyembuhkan gangguan mental ini," tukasnya. Demikian dikutip dari Zeenews, Minggu (20/11/2016)

Sumber :
OK ZOne. 2016. Benarkah Ganja Bisa Menjadi Obat bagi Penderita Depresi?. Diakses tanggal 24 November 2016. Link ; http://lifestyle.okezone.com/read/2016/11/18/481/1545592/benarkah-ganja-bisa-menjadi-obat-bagi-penderita-depresi


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar