Apa Saja Penelitian Hepatitis C Terbaru?

 
Penelitian Virus Hepatitis C. (Foto : https://www.nature.com)
Imad Analis. Hepatitis C adalah penyakit yang dapat menyebabkan peradangan pada hati. Penderita yang terinfeksi hepatitis C akut akan segera mengalami gejala, sedangkan, pada beberapa penderita lainnya memerlukan beberapa tahun sebelum mereka terinfeksi hepatitis C kronis tanpa melihat gejala apa pun. Faktanya, sekitar setengah dari 2,2 hingga 3,2 juta orang di Amerika Serikat dengan hepatitis C kronis tidak tahu bahwa mereka terinfeksi virus.



Syukurlah, pengujian untuk pemeriksaan hepatitis C sudah dilakukan dengan proses yang cukup sederhana dan segera mendapatkan perawatan membuat penderita lebih mudah untuk mengobati infeksi virus hepatitis C ini.
 

Pemeriksaan  Hepatitis C


Pada tahun 2012, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperluas rekomendasi mereka terhadatp pemeriksaan hepatitis C. CDC saat ini merekomendasikan satu kali pengujian untuk virus hepatitis C (HCV) untuk setiap orang yang lahir antara 1945 dan 1965. Orang yang lahir selama jangka waktu ini mencapai sekitar 75 persen dari semua infeksi HCV.

Pemeriksaan darah  secara sederhana akan menunjukkan apakah Anda menderita hepatitis C atau tidak. Tanyakan kepada dokter Anda tentang pengujian apakah hal-hal berikut ini berkaitan dengan Anda:
  • Anda lahir antara 1945 dan 1965
  • Anda telah menyuntikkan obat-obatan terlarang, bahkan jika Anda menyuntik sekali saja
  • Anda adalah pekerja perawatan kesehatan dan menemukan jarum suntik yang tidak disengaja dengan darah yang terinfeksi HCV
  • Anda dilahirkan oleh wanita yang terinfeksi HCV
  •  Anda menerima transfusi darah atau transplantasi organ sebelum tahun 1992
  • Anda memiliki HIV (virus yang menyebabkan AIDS)
  • Anda memiliki tanda penyakit hati yang tidak dapat dijelaskan atau gejala infeksi HCV kronis 

 

 Rejimen Perawatan Baru

Sejumlah obat baru untuk hepatitis C telah tersedia dalam beberapa tahun terakhir. Obat-obatan baru ini dengan cepat mengubah pendekatan pengobatan standar untuk orang dengan hepatitis C. 

Perawatan standar digunakan untuk menjadi kombinasi dua obat antivirus: pegylated interferon (PEG) dan ribavirin.

Terapi original hepatitis C ini, yang sering disebut PEG / riba untuk jangka pendek, memerlukan waktu enam bulan hingga satu tahun untuk menyelesaikannya dan memiliki beberapa efek samping yang parah, termasuk:
  • kelelahan
  • sakit kepala
  • mual
  • insomnia
  • depresi
  • anemia

Terapi ini juga tidak terlalu efektif dan bekerja pada kurang dari separuh orang dengan hepatitis C genotipe 1, jenis hepatitis C yang paling umum di Amerika Serikat. 

Pada tahun 2011, pengenalan obat baru yang disebut antivirus langsung bertindak mengubah pendekatan pengobatan. Obat-obatan ini menghancurkan virus dengan menghentikannya membuat lebih banyak salinan dari dirinya di dalam tubuh manusia. 

 Antivirus langsung bertindak memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada PEG / riba saja. Dalam banyak kasus, obat-obatan baru telah memperpendek jumlah waktu yang diperlukan untuk membersihkan tubuh HCV. Mereka dapat digunakan untuk mengobati hepatitis C saja atau dalam kombinasi dengan terapi yang lebih lama tergantung pada jenis hepatitis C.



Terapi Bebas Interferon

 Terapi pertama all-oral, interferon-bebas untuk orang dengan genotipe 1 telah tersedia pada akhir 2014. Pengobatan ini dipasarkan sebagai Harvoni dan Viekira Pak. 

Harvoni adalah tablet tunggal yang mengandung dua obat yang diminum sekali sehari selama 12 hingga 24 minggu. 

Viekira Pak (kombinasi dari tiga obat) mengharuskan kebanyakan orang meminum empat hingga enam pil sehari selama 12 hingga 24 minggu. Kedua obat telah terbukti menyembuhkan hepatitis C di lebih dari 90 persen dari mereka dengan genotipe 1. 

Kebanyakan orang hanya melaporkan efek samping ringan, seperti sakit kepala dan kelelahan, dengan obat-obatan baru ini. 

Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Blog ini bukan penentu diagnosa utama pada penyakit Anda, jika ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan silahkan hubungi dokter Anda.
Sumber :
  • Health Line. (2018). What’s the Latest Hepatitis C Research?. (Tersedia ; https://www.healthline.com/health/hepatitis-c/latest-hepatitis-c-research#1). (30 Maret 2018)
Baca juga :

Artikel dengan kata kunci yang sama ; hepatitis c genotype 1b, hep c causes and treatment, hepatitis c virus antibody, genotype 1 hepatitis c, hepatitis b virus test, hepatitis c therapy, hepatitis c research, hepatitis c genotype, i have hep c, hepatitis e treatment, hep c viral load, hep c antibody, hepatitis c drugs, where is hepatitis c found, chronic hepatitis c infection, is hepatitis c curable disease, acute hepatitis c treatment, hepatitis c genotype 1a, hepatitis e vaccine, hepatitis c clinical trials, hepatitis c overview, hepatitis c antibody, hepatitis c positive, hep c infection, what can hepatitis c cause, hepatitis 4th stage, hepatitis c viral load, can chronic hep c be cured, hepatitis c labs, hepatitis titer, hepatitis c foundation, hepatitis c news, hepatitis blood test, hep a b c, living with hepatitis, hc virus, hep c disease, hepatitis is an inflammation of the, hepatitis meaning in tamil, chronic hepatitis b treatment, etiology of hepatitis c, can hepatitis c be treated, hepatitis c liver transplant, hepatitis c disease, hep c causes and symptoms, i have hepatitis c, hepatitis c info, hcv treatment, hepatitis c symptoms and causes, what exactly is hepatitis c, hepatitis c 1a, hepatitis vaccine cost, hepatitis c carrier, hep b titer, hepatitis c infection, chronic hep c, hepatitis c and treatment, lab test for hepatitis, hepatitis c blood test, history of hepatitis c, hepatitis c forum, hepatitis c hiv, acute hepatitis c, hepatitis c statistics, hepatitis can be caused by contact with, hepatitis tattoo, hepatitis c cure, hcv, hepatitis b titer, can hepatitis c be cured, can you get vaccinated for hepatitis c, is hepatitis c symptoms, types of hepatitis c, chronic hepatitis c, what is hepatitis c virus, hepatitis c genotype 2, hepatitis c virus, hepatitis c support group, hepatitis b blood test, hepatitis c in children, hepatitis c what causes it, hepatitis description




Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts