Cirebon Smart City Bukanlah Angan - Angan

Posting Komentar

imad.blog's.co.id. Jika dilihat dari tata letak geografis dan kepadatan jumlah penduduk, Cirebon bisa menjadi sebuah kota besar yang ada di Jawa Barat. Namun, untuk menjadikan kota menjadi layak huni adalah merupakan tanggung jawab bersama, antara warga dan pemerintahnya.

Untuk menjadi kota yang berpredikat "Smart City" Kita harus tahu betul beberapa poin - poin penting tentang indikatornya. Berikut Saya kutip enam indikator konsep Smart City menurut IBM sebuah perusahaan Komputer di Amerika Serikat, Keenam indikator tersebut adalah masyarakat penghuni kota, lingkungan, prasarana, ekonomi, mobilitas, serta konsep smart living.

Dari ke enam konsep itu tidak semuanya mesti ada pada satu kota, artinya Cirebon bisa saja dimasa yang akan datang menajdi sebuah kawasan Smart City. Semua aspek saling terhubung dan sarana prasarana saling menunjang. Semua yang ada dalam kota tersebut saling terhubung satu sama lain.

http://d7news.com

Kenapa Saya bilang bahwa Cirebon bisa menjadi Smart City? Mudah saja, yang penting ada "keinginan" dari masyarakat untuk mewujudkan hal itu. Jika, mimpi sudah di wujudkan menjadi sebuah tindakan, Tuhan akan memberikan jalan yang terbaik mewujudkan mimpi masyarakat Cirebon. 

Saya apresiasi sekali dengan komunitas - komunitas yang ada di setiap daerah, seperti di Cirebon, ada Komunitas Blogger yaitu Blogger Cirebon yang konsisten berjuang untuk memajukan Cirebon melalui dunia maya, bahkan aksi nyata juga sering dilakukan seperti dengan mengadakan seminar atau workshop, ini yang Saya rasa daerah Indramayu perlu banyak belajar dari blogger Cirebon.

Indikator yang lain adalah Sarana dan Prasarana yang ada di Cirebon Kota sudah sangat komplit. Dengan budaya kerja orang - orang Cirebon, dan orang Indonesia pada umumnya, semua aktifitas yang Kita lakukan membutuhkan kecepatan dan ketepatan, baik itu waktu, dan lain sebagainya.

http://www.smartfren.com
Kesibukkan masyarakat perkotaan yang menuntut semua serba cepat bisa ditunjang oleh layanan provider Smartfren yang saat ini telah mengeluarkan produk terbarunya yaitu Smartfren 4G LTE yang memiliki cakupan wilayah lebih luas, sehingga saat Kita menonton video tidak buffering. Selain itu, kapasitas bandwidth yang disediakan jauh lebih besar dibandingkan operator lain, menjadikan layanan Smartfren 4G LTE Advanced lebih cepat dan lebih stabil.

Smartfren 4G LTE bisa merupakan jawaban dari masyarakat perkotaan yang ingin segala sesuatunya serba cepat dan ngga lemot. 

Masyarakat yang Humanis ditunjang dengan tata kota yang nyaman, bisa saja 5 - 10 tahun kedepan Cirebon berubah lebih dari yang Kita harapkan. Semua orang yang ada di muka bumi ini pasti ingin sekali merasa nyaman, konsep Smart City yang sudah di suarakan beberapa tahun yang lalu, bukan hal yang mustahil untuk sebuah kota Cirebon. Tinggal masyaraktnya, mau atau tidak.

Bandung yang saat ini berambisi menajdi contoh smart city dengan Bandung technopolis juga banyak berbenah, tapi mental masyarakatnya juga harus dibenahi, percuma jika Pemerintah terus mengumandangkan konsep smart city tapi masyarakatnya tidak menjaga fasilitas yang ada, masih buang sampah sembarangan, atau merusak fasilitas, mencoret - coret, dll.

http://cdn0.aston-international.com
Kenyamanan adalah suatu indikator masyarakat "Smart City", selain semua terintegrasi dengan baik antara satu dengan yang lainnya, kemudahan, dll yang terpenting adalah Kota itu Nyaman atau tidak. Seperti kenyamanan yang disajikan kepada pelanggan Aston Hotel Cirebon. Bagaimana ngga  nyaman, kalian yang datang jauh - jauh dari luar kota, akan dilayanai seperti raja disni :) Layanan penjemputan dan pengantaran GRATIS tersedia dari stasiun ke hotel. nice kan.

Dari ke enam indikator Smart City yang di kemukakkan oleh IBM, jika salah satu tidak ada pada kota itu tidak masalah, misal, kota Copenhagen. Kota yang ada di Denmark ini memfokuskan diri untuk pengoptimalan bidang lingkungan. Karena hal ini, Copenhagen dianggap sebagai salah satu kota pintar di dunia. Predikat smart city juga dimiliki oleh Seoul. Ibu Kota Korea Selatan tersebut fokus pada pelayanan publik pada bidang teknologi informasi. Tidak aneh jika kota ini memiliki jaringan internet tercepat di dunia. 

Mudah - mudahan, keinginan dari masyarakat Cirebon bisa diwujudkan untuk menajdikan Cirebon yang Smart City. Amiiin
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar