Monorail Indramayu | Sebuah Keinginan dan Harapan

Posting Komentar
Monorail | http://www.hitachi-rail.com/
Sebuah daerah yang banyak menyimpan kekayaan alam, Indramayu hausnya sudah merancang monorel dan mulai pembangunannya sekarang. Daerah penghasil minyak bumi dan gas alam ini memiliki beberapa perusahaan Negara dan daerah yang tesebar dari ujung barat ke timur Indramayu. Dari segi ini saya mengharapkan adanya pembangunan Monorel di Indramayu, karena jalan pantura tidak menjanjikan transportasi yang layak menurut saya.

Ada beberapa catatan penting yang akan saya angkat tentang sistem transportasi di Indramayu. Pertama, Mahalnya biaya transportasi di Indramayu, dilihat dari segi pendapat Indramayu, mungkin transportasi di Indramayu sangat mahal, seperti saya yang hanya memiliki pendapatan sekitarRp.1jt/bln, itu harus saya lakukan untuk mengejar tugas ke daerah patrol, sedangkan saya berada di Indramayu Kota, Mengingat hal bahwa saya tidak pindah ke patrol karena semakin tingginya biaya hidup, sehingga saya haru kerja di dua tempat sekaligus. Itu artinya saya harus setiap hari bulak balik patrol - indramayu kota, jika saya menggunakan transportasi elp, indramayu - patrol sekitar Rp. 7.000 - Rp.10.000, bisa minus dan sia sia kerja saya sebagai masyarakat Indramayu :D, hehe Artikelnya terlalu jujur saya kira.. :D

Kedua, Sistem Transportasi di Indramayu adalah Transportasi terpututs. Saya membayangkan bagaimana jjika ada transportasi di Indramayu berupa Monorel, dari wilayah Haurgeulis, Sukra, Patrol, kemudian Indramayu, jatibarang dan Cirebon. 

Tulisan ini hanyalah sebuah keinginan pribadi dari saya, alias dari pemikiran subyektif saya. Hubungan antar daerah sperti Indramayu kota dengan beberapa tempat wilayah strategis lainnya di Indramayu harus segera mendapat perhatian khusus di bidang transportasi. Karena pembangunan jalan akan banyak memakan biaya pembangunan dan pemeliharaan jalan. Ini rawan sekali kong kalingkong tender proyek jalan. 

Monorail | http://www.scomirail.com.my/
Apalagi dengan sistem demokrasi kita sekarang yang mengahalalkan berbagai cara untuk mendapatkan kursi - kursi penting di pemerintahan. Banyak politik kotor yang sering kita jumpai, termasuk korupsi berjamaah nantinya.

Pilihan saya jatuh pada pembangunan monorel karena jika kita bandingkan dengan pemeliharaan akan lebih murah dari pada setiap tahun harus memperbaiki jalan - jalan yang ditanggung APBD, walaupun nyatanya beberapa jalan di daerah Indramayu yang didanai APBD tidaklah segera diperbaiki jika ada kerusakan, beruntungnya Indramayu adalah dilintasi oleh jalan Negara dan jalan Provinsi, sehingga masyarakat kita bisa di kelabui oleh Pemda tentang pembangunan infrastruktur jalan.

Jika transportasi ini kita benahi, akan banyak sekali di untungkan, dimana Pendidikan Indramayu sekarang sudah merata, sehingga akan banyak siswa yang meninggal di jalanan akibat mengabaikan keselamatan dirinya di Jalan. Juga akan banyak pekerja - pekerja bisa dengan mudah menikmati Monorel dari indramayu ke sukra atau patrol dalam memenuhi kewajiban bekerja.

Tokyo Monorail | http://jprail.com/
Selain itu ketersediaan Hotel di daerah Indramayu barat belum ada, dan hanya ada di daerah Indramayu kota dan Losarang, sehingga butuh sistem transportasi yang tidak rumit dan bertele - tele untuk para investor bisa merasakan nikmatnya istirahat di hotel, tanpa harus merasakan penatnya jalanan pantura.

Demikian pemikiran saya secara objektif, jangan sampai menunggu kacaunya sistem transportasi di Indramayu. Persiapah dan pembangunan harus segera dilaksanakan dari sekarang. Sebelum terjadi kekacauan sistem transportasi dimana - mana. Kebiasaan bangsa kita adalah menunda - nunda pekerjaan, yang akhirnya kita tahu separah apa jakarta macetnya. Mau pakai sistem apa jika birokrasi di Jakarta berbelit - belit dan rakusnya para koruptor di negeri ini.

Mudah - mudahan di Indramayu, mata dan hati para pejabat selalu terbuka, menerima dan memikirkan kebaikan untuk rakyatnya, tidak selalu memikirkan perutnya sendiri. Ingat, jabatan Anda adalah Amanah yang Anda emban untuk mensejahterakan Bangsa Anda. Jadilah suri tauladan seperti yang di contohkan nabi Muhammad SAW jika Anda Muslim.Ingatlah Harta yang Anda makan dari perbuatan Haram akan Anda pertanggunjawabkan di akhirat kelak.

Kita bisa mewujudkan adanya Monorail, jangan berkomentar jika belum baca ini : http://www.hitachi-rail.com/products/rolling_stock/monorail/feature02.html
Saya Yakin, Kita bisa memiliki Monorail. AMiin.
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar