Pemeriksaan PAP SMEAR

Posting Komentar
Pemeriksaan Pap Smear


Pap Test adalah tes spesifik yang digunakan dan ditujukan untuk mendeteksi dini kanker leher rahim/kanker serviks. Walau begitu, Pap Smear mampu mendeteksi lebih dari 90 persen kanker leher rahim tahap awal yang masih bisa disembuhkan.



SYARAT DILAKUKAN PAP SMEAR

1. Tidak boleh sedang haid atau ada perdarahan. Jika ingin melakukan pap smear sebaiknya tiga hari sesudah haid selesai.

2. Tidak boleh berhubungan seksual walaupun menggunakan kondom sekalipun, minimal tiga hari terhitung 3×24 jam.

3. Tidak boleh memakai douch, cairan pembersih vagina, sabun sirih atau antiseptik sejenisnya yang dimasukkan ke dalam vagina (bila sekadar untuk membersihkan daerah bagian luar vagina atau untuk cebok diperbolehkan).

4. Tidak sedang hamil. Jika hendak pap smear sebaiknya dilakukan dua atau tiga bulan setelah melahirkan. Pada masa ini, umumnya darah nifas atau cairan pada masa nifas sudah tidak ada.



TEKNIK PENGAMBILAN CAIRAN UNTUK PAP SMEAR

1. Pap smear dilakukan di atas meja ginekologi oleh seorang dokter atau bidan terlatih.
2. Pemeriksaan dalam ini menggunakan alat yang disebut spekulum yang berfungsi untuk membuka liang vagina sehingga mulut rahim tampak.
3. Pemeriksa akan mengambil cairan leher rahim menggunakan suatu alat yang disebut spatula.
4. Cairan dari serviks kemudian dioles pada object glass dan difiksasi dengan cairan khusus  atau dengan Alkohol 95 % lalu dibawa ke laboratorium untuk proses dan membutuhkan waktu sekira 3–7 hari hingga “dibaca” oleh seorang ahli patologi.
5. Kemudian, dari hasil pemeriksaan bisa diketahui apakah sel-sel leher rahim yang tampak itu normal atau sudah menunjukkan tanda-tanda tidak normal



TEMPAT MELAKUKAN TES PAP SMEAR

Pap smear bisa dilakukan oleh dokter kandungan dan bidan terlatih, baik di puskesmas, klinik swasta maupun rumah sakit besar. Selain itu, petugas puskesmas juga melakukan Pap Smear di banjar-banjar setiap bulannya (untuk daerah Bali). Mengenai harga sangat bervariasi, jika dilakukan di puskesmas atau rumah sakit yang mendapatkan subsidi dari pemerintah biaya berkisar Rp35 ribu–Rp100 ribu.


TINDAK LANJUT HASIL PAP SMEAR

NEGATIF : artinya tidak ditemukan sel-sel yang berbahaya
DISPLASIA : ditemukan sel yang menunjukkan perubahan sifat yang dapat mengarah ke KEGANASAN, untuk itu perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan BIOPSI.
POSITIF : ditemukan sel GANAS harus dilakukan BIOPSI untuk memastikan Diagnosa.

Tulisan ini dibuat untuk berbagi sedikit ilmu tentang kesehatan reproduksi perempuan. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat dan mampu menggugah hati perempuan untuk peduli tehadap kesehatan reproduksinya. Dan putuskan dari sekarang, Pap Smear sebuah kewajiban atau kebutuhan bagi anda?!


Sumber :
Balisruti.com "Pap Smear, Kewajiban atau Kebutuhan?"

Related Post :
- Cara Pakai Kondom Lelaki | Video tutorial
- Cara Pakai Kondom Wanita | Video Tutorial
- Kesalahan Pada Pengambilan Darah
- Pemeriksaan RPR
- Fenilketonuria (PKU) urine ; Pemeriksaan GUTHRIE untuk PKU (darah)
- Analisa Udara | Measure Air Quality





Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar